Pentingnya Niat Saat Hendak Melakukan Sesuatu Hal

Tujuan, Niat, Misi
Kuatkan niat. (Sumber : Pixabay)


"Innama A'malu Bin Niat"
Sesungguhnya amal perbuatan itu bergantung pada niat

Seorang pria bangun pagi-pagi untuk melaksanakan sholat subuh. Setelah mengenakan pakaiannya, dia berangkat ke Masjid. Dalam perjalanannya ke Masjid, pria tersebut terjatuh dan pakaiannya menjadi kotor. Dia bangun, membersihkan diri, lalu kembali pulang. Sesampainya di rumah, dia mengganti pakaiannya, lalu berangkat kembali ke Masjid.

Dalam perjalanannya ke Masjid, pria tersebut terjatuh kemali di tempat yang sama. Lalu dia kembali bangun, membersihkan diri dan pulang kembali ke rumah. Sesampainya di rymah, sekali lagi, dia mengganti pakaiannya, lalu berangkat kembali ke Masjid. Dalam perjalanan ke Masjid, dia bertemu seorang pria yang memegang lampu. Dia bertanya pada pria tersebut dari mana dia dan pria itu menjawab "Aku melihatmu terjatuh dua kali dalam perjalanan menuju ke Masjid, jadi aku membawakan lampu untuk menerangi jalanmu."

Pria yang pertama tadi mengucapkan terima kasih banyak pada pria yang membawakannya lampu, dan keduanya berjalan bersama ke Masjid. Setibanya di Masjid, pria yang pertama tadi mengajak pria yang membawakan lampu untuk sholat berjamaah dengannya, tapi pria tersebut menolaknya. Pria pertama terus mengajaknya beberapa kali lagi dan jawabannya tetap sama. Pria itupun bertanya mengapa dia tidak mau sholat bersamanya? 

Pria dengan lampu itu menjawab "Aku adalah setan".  Pria itu terkejut mendengar jawabannya. Setan kemudian melanjutkan, "Aku melihatmu menuju ke Masjid dan akulah yang membuatmu terjatuh. Ketika kau pulang, membersihkan diri dan berangkat kembali ke Masjid, Tuhan mengampuni semua dosamu. Kemudian aku menjatuhkanmu lagi, tapi kau tidak tinggal di rumah, dan tetap berangkat kembali ke Masjid. Karena itu, Tuhan mengampuni semua dosa orang-orang di rumah tanggamu. Aku khawatir jika aku menjatuhkanmu lagi, Tuhan akan mengampuni dosa orang-orang di kampungmu, jadi aku memastikan kau sampai di Masjid tanpa terjatuh." 

Subhanalloh....
Begitu besarnya pengaruh niat saat hendak melakukan sesuatu hal. Kisah di atas dapat menjadi pelajaran bahwa jika kita sudah mempunyai niat untuk melakukan hal yang baik maka sebaiknya kita bisa terus memfokuskan akan niat tersebut. Adanya rintangan dalam melakukan niat tersebut bisa jadi merupakan ujian untuk memastikan apakah kita akan terus melakukan niat kita atau tidak.

"Janganlah kau membatalkan niat baik yang akan kau lakukan karena kau tidak pernah tahu ganjaran apa yang mungkin akan kau dapat dari beratnya rintangan yang kau hadapi ketika berusaha melaksanakannya. Karena kebaikanmu bisa nyelamatkan keluarga dan bangsamu."
Mahasuci Allah dalam kemuliannya. 

Mari luruskan kembali niat baik yang sudah kita niatkan setiap saat, agar apa yang kita lakukan nantinya bisa memberikan keberkahan untuk diri kita, keluarga juga disekitar kita. Niat baik dapat disegerakan agar apa yang sudah kita niatkan juga tidak mengalami perubahan yang akibatnya dapat membuat kita menjadi menyesal. 

" Sesungguhkan amal perbuatan itu bergantung pada niat"
Semoga kita bisa terus meluruskan niat sehingga apa yang kita lakukan bisa menjadi amalan baik nantinya. Diri saya juga berusaha untuk bisa terus membenahi diri dan meluruskan niat kembali.. 
Bagaimana dengan Anda? 


Jakarta, 10 April 2016
     


Tidak ada komentar:

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu.
Terima kasih atas pesan yang disampaikan

Diberdayakan oleh Blogger.