Suka Hidangan Panas? Tips Menikmati Hidangan Panas Tanpa Takut Berisiko

Grilled salmon fish with various vegetables on the flaming grill Premium Photo
Risiko makan dalam kondisi panas. (Sumber : Pixabay) 
Tahukah salah satu adab makan dan minum adalah tidak menyantap sajian yang masih dalam keadaan sangat panas karena akan membahayakan tubuh. Benarkah demikian?

Penelitian tahun 2009, menyampaikan bahwa salah satu penyebab terjadinya kanker esofagus atau kanker pada kerongkongan kemungkinan dapat disebabkan karena mengonsumsi makanan dan minuman yang sangat panas. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan jika makanan atau minuman yang akan disantap masih dalam keadaan sangat panas? Haruskah menunggunya hingga benar-benar dingin?

Tidak makan saat kondisinya panas
Mendinginkan makanan atau minuman hingga benar-benar layak disantap akan memberikan keberkahan, sesuai sabda Rasulullah SAW,

“Sesungguhnya yang demikian itu dapat mendatangkan berkah yang lebih besar.”
~ HR. Ahmad ~

Makanan dan minuman panas memang terlihat nikmat dan menggoda, tetapi bagaimana bila dampaknya ternyata akan membahayakan tubuh? Maka sebaiknya diamkan dahulu santapan tersebut hingga suhu panasnya agak menurun, kemudian nikmatilah dengan kondisi hangat.

Akibat makan atau minum dalam keadaan panas
Berdasarkan hadist diatas dapat diketahui bahwa makanan atau minuman yang sangat panas memang sebaiknya tidak dikonsumsi hingga kondisi panasnya menurun. Dampak yang bisa terjadi jika kita memaksakan diri menyantap makanan yang panas adalah :

1. Merusak gigi dan lapisannya.
Organ mulut yaitu gigi dan lidah tentunya akan merasakan sekali jika kita memaksakan diri menyantap makanan yang panas. Gigi akan terasa ngilu, lapisan emailnya bisa mengalami kerusakan, seperti berlubang atau menjadi sensitif, sedangkan lidah akan terasa seperti terbakar.

2. Meningkatkan asam lambung.
Makanan panas yang masuk ke dalam lambung akan mengiritasi dinding lambung sehingga akan meningkatkan produksi asam lambung. Hal ini membuat perut terasa kembung, begah atau dampak buruknya mengakibatkan kanker lambung.

3. Merusak sel rapuh di kerongkongan.
Makanan dan minuman yang panas dan masuk ke dalam kerongkongan akan merusak sel-sel rapuh sekitar kerongkongan sehingga menimbulkan terjadinya mutasi dan berisiko terjadinya kanker kerongkongan.

4. Memasukkan bakteri dan kuman dalam makanan
Dengan kondisi makanan yang panas, maka secara refleks kita akan segera meniupnya agar makanan tersebut bisa segera disantap. Namun, hal ini sangat tidak disarankan karena dapat membuat kuman dan bakteri masuk ke dalam makanan tersebut.

Spageti, Pasta, Mi, Italia, Makan, Makanan, Karbohidrat
Menikmati santapan dengan nikmat. (Sumber : Pixabay)

Kenikmatan yang dirasakan sangat ingin menyantap makanan yang panas tentunya tidak sebanding dengan dampak yang ditimbulkan. Ya, risikonya ternyata jauh lebih besar. Maka saat ingin mengonsumsi makanan panas yang perlu kita lakukan adalah :
1. Membiarkan suhunya turun agar saat disantap sudah benar-benar aman dan nyaman.
2. Tidak meniup makanan, tetapi mengipasinya sehingga kuman dan bakteri tidak masuk dalam makanan.
3. Sebelum disantap, tentunya kita membaca doa terlebih dahulu.
4. Tidak makan dengan terburu-buru.
5. Menikmati makanan yang disajikan dengan penuh rasa syukur.

Menikmati makanan yang enak dan lezat tentunya tidak akan dapat dirasakan jika kita tidak bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Karena ini merupakan bagian dari rezeki-Nya. Bentuk rasa syukur kita atas makanan tersebut adalah menyantapnya dalam kondisi yang benar-benar aman, bukan dalam kondisi panas.

Begitu banyaknya dampak yang terjadi bila kita memaksakan diri menyantap makanan panas, yang nantinya akan merugikan kita sendiri. Karenanya kita perlu menahan diri dan tidak terburu-buru. Nikmatnya makanan akan terasakan saat menyantapnya, terasa kenyang dan asupannya akan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.


Salam sehat.



Referensi :
www.doktersehat.com
     

46 komentar:

  1. Hmmm.. aku baru tau lho makanan panas dapat meningkatkan asam lambung. Kalau minum minuman panas seperti teh panas apakah sama juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minum teh hangat memang bikin segar, tetapi sebaiknya tidak dalam kondisi perut kosong Mbak, karena ph air teh bukan ph netral.

      Hapus
  2. Kalau saya suka makanan yg gak panas dan ga dingin. Paslah di lidah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak, pas nih buat lidah dan nyaman untuk lambung.

      Hapus
  3. Tipsnya bermanfaat, kalo saya sih emang ngga suka makan makanan panas, jadi harus nunggu adem dulu atau ngga anget-anget gitu.

    BalasHapus
  4. Saya dulu termasuk yang bandel sih makan makanan panas, minumnya es. Beberapa tahun kemudian gigi banyak yang rusak, hiks, kapok. Sekarang punya anak saya ajarin kalau makannya panas harus sabar atau sambil dikipas, jangan ditiup. Kayak lagunya Nussa dan Rara "makan jangan ditiup lebih baik dikipas@ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbak, lagi ingat lagu Nussa dan Rara, 'Adab Makan'.
      Makan sebaiknnya memang tidak panas supaya nyaman dinikmati.

      Hapus
  5. Memakan sup yang hangat2 dan perlahan, memang sedap rasanya... juga nyata manfaat kesehatannya ya Mb Asih :)

    Tapi pernah aku diemin mie rebus, kelupaan trs blondrok. ahahhaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha. Mienya jadi lembek dan kurang berasa makannya ya Mas.
      Ada baiknya makan mie sambil dikipasi saja Mas, jadi nggak mekar deh.

      Hapus
  6. Minimal indikator kepanasan buat saya itu ketika lidah sudah kebas dan bintil2 muncul... tandanya kepanasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Mas. Makan saat kondisi panas bikin semua organ tubuh nggak nyaman deh. Jadi kitanya yang perlu sabar menunggu atau bisa dikipasi.

      Hapus
  7. saya jg lebih suka makanan panas agak mendingin baru saya santap. kalau panas tuh akhirnya ditiup, padahal saya gak mau malah kena campuran CO2. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Ini godaan banget ya Mbak. Mau makan tapi kondisinya masih panas.
      Sabar, sabar menunggu deh jadinya.

      Hapus
  8. Saya nggak sanggup makan apalagi minum yg bener-bener panas, pasti nunggu suhunya turun. Hangat lebih nikmat dan nggak bahaya, terutama kalo punya gigi sensitif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan panas yang awal merasakan memang organ mulut. Gigi jadi sensitif, lidah rasanya nggak nyaman, jadi kita perlu menahan diri dulu.

      Hapus
  9. Kenikmatan makanan memang lebih nikmat jika disantap selagi hangat. Namun kita juga perlu menjaga organ tubuh kita, agar tidak terjadi kelalaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mas. Makan panas dan terburu-buru tidak disarankan.
      Karena jadinya kita tidak bisa menikmati makanan yang diberikan.

      Hapus
  10. hi kak, aku sudah ikut blog nya yaa semoga bisa ikuti balik hehe. Setuju sih aku buat ga makan makanan selagi masih mengepul panas gitu, dan ini udah aku terapin buat pola makan di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di follow balik ya Mbak.
      Alhamdulillah nikmatnya makan dengan sajian yang enak dan tidak dalam kondisi panas.

      Hapus
  11. Aduh tutup muka nih. Aku sering makan panas-panas, apalagi kalau makanan kesukaan. Ternyata dampaknya sangat buruk ya. Btw, thanks tipsnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga Mbak. Saling mengingatkan ya.
      Makan panas nikmat, tetapi punya resiko bagi tubuh. Semoga dapat hikmahnya.

      Hapus
  12. Larangan meniup makanan ternyata bukan sekedar Sunnah dalam agama islam mba, tapi juga sebuah cara sehat dalam memakan hidangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak, terkadang kita anggap sepele, tapi ternyata ada manfaatnya.
      Salam sehat.

      Hapus
  13. Memang menyantap hidangan masih panas kurang baik, tapi namanya kebiasaan terkadang susah di ubah.
    Itu salah satu kebiasaan dulu masih remaja yang kini perlahan di buang kebiasaan hal seperti itu
    Masih inget deh, konsumsi mie yang baru masak.
    Langsung disantap, jadinya kepanasan deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Makan mie memang enak saat panas, menggoda banget nih.
      Kebiasaan dan kesukaan secara perahan juga bisa berubah ya Mbak.

      Hapus
  14. Ini aku banget suka langsung makan meski panas. Nggak nyangka kalau gak baik buat asam lambung. Aku punya asam lambung soalnya. Baiklah mulai sekarang harus didiemin dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar mencoba ya Mbak. Makanan panas memang penuh godaan, tetapi setelah tahu resikonya, perlahan bisa kita ubah kok.

      Hapus
  15. Pantas saja Jaman sekarang banyak orang yg usianya masih muda tapi mengeluhkan sakit yg dideritanya. Sebagai contoh, makan nasi yg baru diambil dari penanak nasi langsung dimakan. Kalau dulu saya kecil, orang tua menyuguhkan makanan itu dlm keadaan dingin. Nasi dikipasin dulu sampe benar2 dingin baru boleh dimakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi orang zaman sekarang memang terlihat lebih rentan, beda dengan orang dulu yang kesehatannya selalu terjaga, sampai usia menua juga tetap terlihat sehat dan segar.

      Hapus
  16. Wah ternyata banyak juga bahayanya kalau sering mengkonsumsi masakan dalam keadaan panas ya. Memang dalam setiap larangan Rosulullah, pasti ada hikmah/alasan yang kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, semoga kita bisa menjaga adab ini dengan baik. Terlihat sepele, tapi ternyata banyak hikmah didalamnya.

      Hapus
  17. Kebiasaan di tengah masyarakat Indonesia, kalo gak panas makanannya kayaknya kurang afdhol. Meskipun yang panas-panas itu juga ditiup, tapi ya tetep aja wajib dihidangkan saat panas. Padahal cukup banyak potensi bahayanya ya makanan panas ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan yang perlu dikurangi secara perlahan supaya kondisi kesehatan kita bisa terus terjaga.

      Hapus
  18. Adab makan, semua sudah diberikan contoh oleh Rasulullah. Saya biasanya kalo udah kepepet dan nasi masih panas, langsung nyalain kipas, taruh piring berisi nasi depan kipas. Kekeke. Soalnya selalu ada godaan untuk meniupnya dengan mulut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget Mbak. Makanan panas penuh dengan godaan, hehehe.
      Semoga adab ini nantinya bisa terus kita jaga.

      Hapus
  19. Duh, baca ini, saya merasa tertampar, nih. Saya sangat suka makan dalam keadaan panas. Ditiup malah lebih sedap.
    Wah, harus ubah cara makan makanan panas, nih.

    TFS ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga Mbak. Saling mengingatkan ya.
      Secara ini sudah menjadi kebiasaan kita, karena panas itu benar-benar menggoda.

      Hapus
  20. saya kalo makan makanan panas suka ada feknya langsung, harus dihindari memang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip banget nih. Menghindari memang lebih baik dan banyak hikmah yang didapat.

      Hapus
  21. Sup, kopi, teh panas, dan tahu berontak lazim dikudap saat panas.. Tapi memang sih kalo dimakan atau diminum pas panas banget, ya ga bisa dinikmati juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa Mbak, nikmatnya kondisi makanan tersebut dalam keadaan hangat plus teh hangat juga deh. Nikmat. hehehe....

      Hapus
  22. saya masih ingat guru agama saya mengatakan jangan engkau tiup makanan itu sesungguhnya jika kau tiup ke makanan maka akan menjadi racun untuk tubuh mu itu sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang kita lupa jadi suka refleks meniup makanan yang panas. Berarti selanjutnya tidak boleh lagi nih. hehehe.

      Hapus
  23. Nah ini, kebiasaan niup makanan minuman panas. Masih sering dilakukan dan belim bisa menghilangkan. Semoga ke depannya bisa mengurangi kebiasaan buruk ini sedikit demi sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang suka khilaf Mbak, semoga kedepannya tidak lupa lagi ya.

      Hapus

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu.
Terima kasih atas pesan yang disampaikan

Diberdayakan oleh Blogger.